khazanah alam

dianugerahkan untuk kita menikmatinya....perlu dipelajari, diperbaiki dan dipelihara untuk diturunkan buat generasi seterusnya......tentunya kita tidak mahu dipersalahkan oleh generasi akan datang sebagaimana kita cuba menunding jari ke generasi sebelum ini......fikirkanlah.....

Wednesday 11 January 2012

khasiat kayu manis





Nama

1. Nama ilmiah : Cinnamomum burmani (Nees.) Bl.
2. Nama daerah : kayu manis.
3. Nama asing : kaneelkassia, cinnamomum tree (Inggris); yin xiang (cina).

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Kulit kayu manis mempunyai rasa pedas dan manis, berbau serta bersifat hangat. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam kayu manis di antaranya minyak asiri eugenol, safrole, sinamaklehide, tannin, kalsium oksalat, damar, dan zat penyamak.
Efek farmakologis yang dimiliki kayu manis di antaranya sebagai peluruh kentut (carminative), peluruh keringat (diaphoretic), antirematik, penambah nafsu makan (stomachica), dan penghilang rasa sakit (analgesic).

Perbanyakan dan Perawatan Tumbuhan

Perbanyakan kayu manis dapat dilakukan dengan biji dan tunas akar. Kayu minis dirawat dengan disiram air yang cukup, dijaga kelembapan tanahnya, dan dipupuk dengan pupuk organik. Tumbuhan ini memerlukan tempat yang mendapat cukup sinar matahari atau sedikit terlindung.

Bagian Tumbuhan yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Kulit batang, dawn, dan akar kayu manis dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut.

1. Asam urat (gout arthritis), keropos tulang.

Rebus 1 ibu jari kayu manic, 15 g jahe merah, 5 g biji Pala, 5 butir kapulaga, 5 g bunga cengkih, serta 4 lembar daun sosor bebek dalam 600 ml air sampai airnya tersisa 30o ml. Swing air rebusannya, lain diminum sekaligus satu kali sehari.

2. Hernia

Rebus 1 ibu jari kayu manis, 15 g jahe merah, 5 butir kapulaga, 5 g adas, jari pulasari (Alyx-ia rein-waddi Bl.) dengan 800 ml air sampai airnya tersisa 400 ml. Saring air rebusannya lain minum sekaligus selagi hangat. Lakukan dua kali sehari.

3. Muntah-muntah

Rebus 1 jari kayu manis, 10 g temu kunci (Boesenboyia pandurata Sehl.), dan 3 butir kapulaga dengan 800 ml air ,sampai tersisa 400 ml. Saring air rebusannya, lalu minum dua kali sehari masing-masing 200 ml.



Catatan:

Penyimpanan kulit batang kayu manis dengan cara dijemur menggunakan pelindung.