khazanah alam

dianugerahkan untuk kita menikmatinya....perlu dipelajari, diperbaiki dan dipelihara untuk diturunkan buat generasi seterusnya......tentunya kita tidak mahu dipersalahkan oleh generasi akan datang sebagaimana kita cuba menunding jari ke generasi sebelum ini......fikirkanlah.....

Saturday 14 January 2012

teh rempah dengan bunga lawang

Hangat dan Wanginya Teh Rempah



CUACA sedang tidak menentu. Sekarang hujan, lalu terik. Mendung, panas, disusul hujan angin. Adalah baik menjaga kondisi tubuh Anda dengan segelas teh panas.

Sebagai minuman nomor dua yang paling banyak dikonsumsi di dunia-setelah air putih-teh tergolong serba bisa. Versatilitas teh terbukti dari cita rasanya yang bertahan ketika dipadukan dengan bahan lain. Rasanya tetap nikmat. Begitu pula di segala cuaca, teh dapat disajikan dingin atau panas. Terlebih lagi di cuaca yang moody seperti sekarang, kehadiran teh sangat relevan dengan nilai-nilai medisinalnya yang sudah diakui untuk mengusir flu dan menurunkan suhu tubuh yang tinggi akibat demam.

Di bawah ini adalah resep teh rempah yang berkhasiat menghangatkan badan. Mirip dengan teh jahe dengan aroma yang lebih wangi:           



Bahan:

10 gram daun teh hitam
Satu batang kecil kayu manis
Dua bunga cengkih
Satu bunga lawang (star anise)

Cara membuat:
  • Seduh semua bahan dengan air mendidih.
  • Diamkan selama 5 menit, biarkan aromanya keluar.
  • Siap disajikan dengan atau tanpa gula. Anda juga dapat menambahkan susu atau krimer ke dalam teh.