khazanah alam

dianugerahkan untuk kita menikmatinya....perlu dipelajari, diperbaiki dan dipelihara untuk diturunkan buat generasi seterusnya......tentunya kita tidak mahu dipersalahkan oleh generasi akan datang sebagaimana kita cuba menunding jari ke generasi sebelum ini......fikirkanlah.....

Saturday 12 November 2011

perihal bawang putih

Bawang putih yang dikenal dengan nama ilmiah Allium sativum yang merupakan tanaman umbi yang biasa digunakan sebagai salah satu bahan rempah utama dalam berbagai masakan. Akan tetapi bawang putih tidak hanya dikenal sebagai tanaman rempah bumbu masak, bawang putih juga mempunyai khasiat luar biasa untuk dijadikan obat herbal.

Bawang putih termasuk dalam family Liliaceae yang merupakan tumbuhan yang agak sulit ditentukan darimana asal mula tanaman ini berasal. Menurut Mrs. M. Grieve dalam karya bukunya yang berjudul ” A Modern Herbal ” mengatakan bahwa bawang putih didapati dari belahan dunia bagian utara dan selatan Siberia dan kemudian berkembang sampai ke selatan negara Eropa, tumbuh secara liar di Sicily. Mrs. M. Grieve menambahkan bawang putih kini tumbuh meluas di negara-negara seluruh penjuru negara dunia.

Bawang putih telah masuk dalam buku-buku sejarah China terdahulu sekitar tahun 2000 SM. Selain itu ia juga disebut dalam kebanyakan dalam karya-karya sastra seperti Shakespeare, Chancer dan Danten. Bawang putih pada zaman dahulu dikaitkan menjadi sebuah benda mistis pada sebuah kepercayaan agama tertentu, namun hal itu sirna seiring berkembangnya zaman. Kini bawang putih dipercaya sebagai obat penawar berbagai jenis penyakit yang kronik, seperti penyakit tekanan darah tinggi, kencing manis, ulser, cirit-birit dsb.



bawang putih Bawang Putih ( Allium Sativum )



Khasiat dan Manfaat Bawah Putih (Garlic – Alii Sativi Bulbus) Untuk Mengurangi Lemak Darah (Kolesterol), Detoksifikasi Racun, Mengatasi Asma & Alergi