khazanah alam

dianugerahkan untuk kita menikmatinya....perlu dipelajari, diperbaiki dan dipelihara untuk diturunkan buat generasi seterusnya......tentunya kita tidak mahu dipersalahkan oleh generasi akan datang sebagaimana kita cuba menunding jari ke generasi sebelum ini......fikirkanlah.....

Saturday 12 November 2011

khasiat bawang putih

Khasiat bawang putih sudah tidak diragukan lagi. Selain mengandung beberapa vitamin penting seperti vitamin A, B dan C bawang putih juga berguna untuk menangkal serangan berbagai virus dan sebagai antioksidan alami.

Bau tidak sedap dari bawang putih diakibatkan dari kandungan belerang di dalamnya yang justru membuat salah satu bumbu dapur ini mempunyai kekuatan penyembuh.







Batuk

Bawang putih dapat membantu membunuh bakteri dan virus penyebab penyakit flu serta virus lainnya. Selain itu mengkonsumsi bawang putih akan menambah nafsu makan. Kebanyakan kita enggan menyantap bawang putih mentah dikarenakan kandungan sulfur di dalamnya yang menyebabkan baunya sedikit menyengat di hidung.

Dalam sebuah penelitan di Universitas Brigham Young di Utah pada tahun 1992, bawang tumbuk dalam minyak membunuh bukan hanya membunuh rhinovirus tipe 2 (penyebab umum flu), tetapi juga dua macam herpes (penyakit kulit menular) dan beberapa virus umum lainnya.
Menambahkan bawang putih yang sudah dihancurkan kedalam susu dingin kemudian dipanaskan sebentar ± 2 menit, diminum selagi panas dipercaya dapat meredakan batuk yang menyerang.


Kolesterol

Kolesterol di bedakan dalam dua kategori High Density Lipoproteins (HDLs) dan Low Density Lipoproteins (LDLs), dimana HDLs tergolong yang baik sedangkan kebalikannya LDLs adalah yang jahat.

Untuk penderita kolesterol, mengkonsumsi bawang putih dalam jangka waktu tertentu dipercaya ampuh menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kandungan antioksidan dalam bawang putih inilah yang melawan lemak jahat dalam tubuh.