khazanah alam

dianugerahkan untuk kita menikmatinya....perlu dipelajari, diperbaiki dan dipelihara untuk diturunkan buat generasi seterusnya......tentunya kita tidak mahu dipersalahkan oleh generasi akan datang sebagaimana kita cuba menunding jari ke generasi sebelum ini......fikirkanlah.....

Saturday 12 November 2011

bau mulut bawang putih





Menyantap makanan gurih berbumbu bawang putih memang nikmat. Tapi karena ketajaman aroma yang tertinggal di mulut membuat orang tersiksa karena aroma napas jadi tak sedap dan membuat banyak orang jadi menghindari bawang putih. Jangan khawatir, ternyata ada cara mudah untuk menghilangkan bau mulut yang kurang sedap akibat bawang putih lho, yaitu dengan minum susu.

Peneliti menemukan dalam percobaan yang dilakukan pada bawang putih, baik mentah atau dalam masakan, susu secara signifikan dapat mengurangi konsentrasi zat kimia yang membuat bawang putih memiliki aroma tahan lama.

Seperti dikutip dari Daily Mail dan vivanews.com, ahli makanan dari Ohio State University menemukan bahwa dengam minum susu segelas kecil (200ml) dapat mengurangi AMS di pernapasan sebesar 50 persen. Peneliti juga menyebutkan, susu tinggi lemak lebih efektif dibandingkan susu skim dalam menghilangkan aroma bawang putih.

Zat tersebut yaitu allyl methyl sulphide (AMS). Karena AMS tidak bisa terurai melalui proses pencernaan maka menyebar ke seluruh tubuh melalui keringat dan aroma napas. Meskipun bawang putih merupakan sumber vitamin, mineral serta membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol, ketajaman aromanya seringkali membuat orang malas mengkonsumsinya.