khazanah alam

dianugerahkan untuk kita menikmatinya....perlu dipelajari, diperbaiki dan dipelihara untuk diturunkan buat generasi seterusnya......tentunya kita tidak mahu dipersalahkan oleh generasi akan datang sebagaimana kita cuba menunding jari ke generasi sebelum ini......fikirkanlah.....

Friday 22 November 2013

untuk bumbu dapur







Garam merupakan benda yang dapat ditemukan disetiap rumah. Kegunaannya untuk bumbu dapur. Namun selain itu, sebenarnya manfaat garam masih banyak, mungkin kita tidak menyadarinya selama ini.  Apa saja kegunaannya?  Silahkan para pembaca menyimak tulisan di bawah ini:


# Tidak ada selera makan, kadang kita menemui keadaan seperti ini, masalahnya timbul dari pencernaan kita yang kurang beres.  Bila anda melarutkan 1 sendok kecil garam kedalam segelas air (200cc) lalu meneguknya sampai kering, tidak lama kemudian selera makan anda akan timbul kembali.

#Luka bakar, adalah kejadian yang sering dialami setiap orang, tapi sakitnya sulit diuraikan dengan kata-kata.  Seandainya sesaat tidak ditemukan cara pengobatan yang tepat, Anda bisa mengambil kapas yang dicelupkan kedalam air garam lalu digunakan untuk mengompres luka bakar tersebut.  Setidaknya cara ini bisa mengurangi rasa sakit dan juga menghindarkan anda dari infeksi yang tidak diinginkan.

#Air garam juga dapat menghentikan pendarahan, misalnya muntah darah, diare yang mengandung darah, atau batuk darah. Pokoknya penyakit yang agak parah, sebelum Dokter yang dihubungi sampai, anda dapat menggunakan cara berikut ini sebagai Pertolongan Pertama :
Minumkan air garam segelas penuh, kalau perlu diulangi sampai tiga gelas. Seperti halnya dalam rumah sakit, orang yang mengalami pendarahan pasti diberi infus air garam, ini dilakukan karena kuatir kadar darah dalam tubuh kita tidak mencukupi.  Dengan minum air garam juga bisa menghentikan pendarahan sehingga bisa bertahan sampai Dokter yang dihubungi sampai ketempat anda.

#Bila menemui orang yang terluka atau kecelakaan, pokoknya korban tidak sadarkan diri, meskipun lukanya mengeluarkan darah atau tidak, tetap boleh dicekoki air garam.  Dengan demikian, si korban akan segera sadar dari keadaan pingsan.

#Mabuk, Shock maupun pengap karena perubahan cuaca, misalnya keluar dari ruangan berAC lantas berjemur dibawah terik matahari, keadaan ini sungguh tidak enak, anda dapat menghilangkannya dengan minum air garam.  Perbandingan 1 sendok teh dicampur air 200cc.  Air garam juga dapat mengurangi mabuk karena minuman keras.



#Air garam dapat menguatkan gigi, seandainya setiap hari anda menyikat gigi dengan menggunakan air garam, maka dijamin gigi anda tidak mudah keropos.

#Air hangat yang dicampur dengan garam juga dapat melancarkan BAB.

#Bila ada yang terserang penyakit kulit seperti cacar, bisul dan sebagainya, masukkan beberapa sendok garam kedalam ember air dan gunakan untuk mandi.  Selain terhindar dari infeksi, luka dikulit juga lebih cepat kering.

#Menghilangkan bau nafas yang tidak sedap, menyembuhkan sariawan usus, semuanya juga dapat menggunakan air garam. ***



sumber dari: stillnoitem.blogspot.com