khazanah alam

dianugerahkan untuk kita menikmatinya....perlu dipelajari, diperbaiki dan dipelihara untuk diturunkan buat generasi seterusnya......tentunya kita tidak mahu dipersalahkan oleh generasi akan datang sebagaimana kita cuba menunding jari ke generasi sebelum ini......fikirkanlah.....

Wednesday 27 November 2013

Jenis Kurma yang Terkenal




Name:  kurma1.jpg
Views: 2121
Size:  62.5 KB


Macam-macam kurma yang populer di dunia mulai dari kurma Ajwah, kurma Amir Haji, kurma Holwah dan sebagainya kini tersedia tak hanya di Timur Tengah. Asal mula jenis kurma adalah pembagian kurma yang dalam empat golongan.

Makanan pokok yang populer di Timur Tengah sejak ribuan tahun lalu ialah kurma. Diyakini, pohon kurma ini berasal dari Teluk Persia, dan telah dibudidayakan sejak zaman kuno, dari Mesoptamia ke prasejarah mesir.

Dahulu, bangsa Mesir kuno menggunakan buah kurma untuk dibuat anggur dan dimakan. Di kemudian hari, kurma disebarluaskan dan dibawa orang Arab ke daerah Asia, Afrika, Spanyol dan Italia.

Menurut pasar dunia, kurma matang dibagi menjadi empat yang dengna menggunakan penamaan Arab disebut, kimri (muda), khalal (berukuran penuh), rutab (matang, lembut), tamr (matang, dikeringkan dengan bantuan matahari). Nah, asal mula 10 jenis kurma yang terkenal berikut berdasarkan keempat golongan tadi.

Kurma Ajwah
Kurma ini dominan tumbuh di kota Madinah, Saudi Arabia. Kurma Nabi ialah sebutan lain kurma ini sebab kabarnya favorit Nabi Muhammad SAW.

Kurma Amir Haji atau Amer Hajj
Kurma yang satu ini berasal dari Irak. Kulit dan dagingnya sangat lembut dan tebal. Kurma Amer Hajj juga sering dikenal sebagai 'welcome kurma' karena pada umumnya dihidangkan untuk menyambut tamu.

Kurma Deglet Noor
Sesuai namanya, 'Noor', warna buah ini kuning keemasan hampir mirip sinar matahari. Kurma ini merupakan varietas unggul dan sangat terkenal di Libya, Algeria, Amerika dan Tunisia. Umumnya, ia tidak terlalu kering dan rasanya juga tak terlalu manis.

Kurma Holwah atau Halawi
Holwah dalam bahasa Arab berarti manis. Rasa manis yang sesuai namanya memang dimiliki kurma jenis ini. Dan rasa manisnya melebihi kurma-kurma pada umumnya. Kurma Halawi ukurannya beragam ada yang kecil hingga sedang.

Kurma Mozafati
Berwarna gelap, lembut dan ukurannya sedang, kurma ini dikembangkan di daerah Mozafati. Kurma jenis ini usia simpannya tahan lama, sehingga tak harus habis sekali makan. Bila di simpan di suhu -5 derajat celcius, kurma ini bisa bertahan hingga 2 tahun lho.

Kurma Saidy
Kurma Saidy adalah kurma yang populer di daerah Libya. Daging buahnya sangat lembut dan rasanya manis.

Kurma Sekkeri
Jenis kurma ini termasuk yang mahal dan tumbuh di daerah Saudi Arabia. Warnanya cokelat gelap, daging buahnya sangat manis dan lembut. Berbeda dengan kurma lainnya, rasanya khas dan istimewa.

Kurma Thoory atau Thuri
Kurma ini terkenal di Algeria, memiliki tekstur kering pada daging buahnya. Warnanya sedikit cokelat kemerahan, kulitnya kering keriput. Terkadang saking keriputnya kulitnya jadi agak keras. Namun, rasanya manis dan hampir mirip dengan kacang.

Kurma Umelkhashab
Merupakan kurma yang berasal dari Saudi Arabia. Rasanya unik, sebab da kombinasi manis dan pahitnya. Warnanya juga agak berbeda dari yang lain, sedikit kemerahan.

Kurma Zaghloul
Memiliki bentuk yang panjang serta agak lonjong, kurma ini berwarna merah gelap dan sangat manis. Istimewanya, rasa manis dari kurma ini masih melekat di lidah. Kurma ini termasuk varietas kurma yang eksklusif dan harganya mahal di Mesir. Bahkan, hanya orang-orang tertentu saja yang mengonsumsinya.



sumber dari: tdwclub.com