khazanah alam

dianugerahkan untuk kita menikmatinya....perlu dipelajari, diperbaiki dan dipelihara untuk diturunkan buat generasi seterusnya......tentunya kita tidak mahu dipersalahkan oleh generasi akan datang sebagaimana kita cuba menunding jari ke generasi sebelum ini......fikirkanlah.....

Thursday 21 November 2013

Genjot Stok Garam Bangun Pabrik





garam


Direktur Jenderal (Dirjen) Basis Industri Manufaktur Kementerian Perindustrian Panggah Susanto mengungkapkan untuk menggenjot suplai garam di dalam negeri, pihaknya menargetkan pembangunan pabrik garam milik PT Cheetham Garam Indonesia di Nagekeo, Nusa Tenggara Timur, senilai 15 juta dolar AS bisa terealisasi pada akhir 2012.

“Saat ini, PT Cheetam Garam Indonesia telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk pembangunan pabrik di Nagekeo. Nantinya, akan ada koperasi yang mengelola bahan baku garam dari petani dan dipasok ke perusahaan tersebut,” ungkapnya, kemarin.

Model kemitraan dengan pola inti plasma antara petani dengan produsen diharapkan akan meningkatkan pasokan garam di dalam negeri. “Ditargetkan pembangunan pabrik tersebut bisa dilaksanakan pada akhir 2012.”

Sementara itu, Presiden Direktur PT Cheetham Garam Indonesia, Arthur Tanudjaja, selaku anak perusahaan Cheetam Salt Ltd., mengatakan pada Juli 2010 Cheetam Salt Ltd. telah menandatangani nota kesepahaman dengan pemerintah untuk membangun pabrik garam di Nagekeo, Nusa Tenggara Timur.

“Investasi untuk pembangunan pabrik garam tahap pertama di Nagekeo, Cheetam mengeluarkan dana sebesar 15 juta dolar AS.”

Selain memiliki potensi produksi garam dari air laut dengan proses penggaraman mengandalkan cahaya matahari (solar salt), daerah Nagekeo juga memiliki lahan-lahan berkadar garam tinggi yang bisa digunakan untuk produksi garam.


“Nagekeo mempunyai potensi untuk dijadikan industri garam terbesar di Indonesia karena kondisi lahannya yang kering. Selain itu, Cheetam Salt sedang mengkaji kemungkinan pembangunan industri garam di Kabupaten Ende, NTT.”



sumber dari: harianterbit.com