khazanah alam

dianugerahkan untuk kita menikmatinya....perlu dipelajari, diperbaiki dan dipelihara untuk diturunkan buat generasi seterusnya......tentunya kita tidak mahu dipersalahkan oleh generasi akan datang sebagaimana kita cuba menunding jari ke generasi sebelum ini......fikirkanlah.....

Thursday 21 November 2013

Resep Manfaat Garam




Garam yang kita kenal sebagai bahan pelezat makanan, ternyata banyak manfaatnya, tidak hanya sebagai bahan dasar bumbu dapur saja, namun juga berkhasiat untuk yang lainnya, dan saya pernah mengirimkan resep manfaat garam ini untuk acara ‘Ceriwis’ di Trans tv.

  Saya masih ingat kira-kira dua minggu sesudah saya kirim email, tepatnya tgl 18 juli 2006, resep saya di tayangkan, jam 1 siangan acara Ceriwis di mulai, lalu sang host/ pembawa acara Nyimas Indy barends dan kangmas Indra Bekti keluar membawakan acara dengan gaya khas teatrikal ala ceriwis, seingat saya, mula-mula Indra Bekti mengeluh sakit kembung dengan gaya kocaknya, lalu Indy barends juga tak kalah serunya segera memberi pertolongan berupa air hangat di gelas yang di aduk dengan sedikit gula dan garam, setelah acara pembukaan selesai, mereka berdua mengumumkan pengirim resep adalah ‘Dewi Murni’… Wow, seketika hati saya sontak njumbul!… senang rasanya kalau dapat bingkisan dari Ceriwis.

 Namun hari demi hari, minggu demi minggu hadiah tak pernah saya terima, padahal saya sudah mencantumkan nama & alamat lengkap, hingga sebulanan akhirnya saya melayangkan surat pada Trans tv tapi tak pernah mendapatkan balasan, hingga kini acara Ceriwis sudah berganti acara baru. Hadiahnya sih tidak besar, hanya berupa souvenir saja, tapi kan saya juga senang kalau mendapatkan kenang-kenangan dari Ceriwis yoo wis… he he he…

 Berikut resep manfaat garam, yang pernah saya kirimkan untuk acara ‘Ceriwis’ di Trans tv pada 2 juli 2006 silam, Semoga bermanfaat…

  Dear Ceriwis,
1) jika kulit kita kepletikan/ terpecik kecil minyak goreng panas ketika sedang menggoreng/ memasak, langsung taburkan/ ratakan sedikit garam dapur (tentunya garam yang lembut). jangan langsung disiram air nanti kulit kita akan melepuh.

2) untuk antiseptic, jika daerah kelamin kita terserang gatal-gatal, baik yang terjadi pada wanita, pria dewasa atau anak2, ambil 1 gayung ( 1 liter) air hangat beri 2 sdm garam ,aduk lalu basuhkan ketika kita cebok. larutan air garam akan segera membunuh kuman2 bakteri.

3) untuk berendam, beri garam secukupnya di bak mandi kita yang berisi air hangat suam-suam kuku. garam bisa untuk membunuh kuman penyakit, seklaigus bisa untuk meredakan pegal-pegal dan menghaluskan kulit.

4) jika bibir kita tidak bersih, pecah-pecah dan menebal : ambil 1 sdm air hangat beri sedikit garam, ratakan lalu gosok perlahan-lahan bibir kita dengan jari telunjuk yang telah di celup ke air garam. secara tradisional ia bisa menjadi scrub yang alami untuk membersihkan bibir . hasilnya kulit bibir akan menjadi halus, bersih dan kenyal.

5) jika perut kita terkena masuk angin dan kembung, 1 gelas air hangat/ panas,beri 1 sdm gula pasir dan sedikit garam aduk rata, segera minum. air larutan garam dan gula untuk menetralisir gas bermasalah yang ada di perut kita. dimana kita akan bisa “kentut” lalu perut kita akan merasa enakan dan tidak kembung lagi.

Selamat Mencoba ! 

http://dapurdiajeng.files.wordpress.com/2012/09/garam-laut-ts-dpn.jpg





sumber dari: dapurdiajeng.wordpress.com