khazanah alam

dianugerahkan untuk kita menikmatinya....perlu dipelajari, diperbaiki dan dipelihara untuk diturunkan buat generasi seterusnya......tentunya kita tidak mahu dipersalahkan oleh generasi akan datang sebagaimana kita cuba menunding jari ke generasi sebelum ini......fikirkanlah.....

Sunday 26 August 2012

minyak zaitun amat effektif





BAIKyang berwarna hijau maupun hitam, zaitun adalah buah yang pastinya sehat untuk dimakan. Bagi orang Yunani, zaitun merupakan buah perlambang kebangsawanan dan perdamaian. Tak hanya itu, zaitun merupakan buah luar biasa bagi kesehatan kita, khususnya dalam menurunkan berat badan.


Menurut Wikipedia, Zaitun (Olea europaea) adalah pohon kecil tahunan yang buah mudanya dapat dimakan mentah ataupun sesudah diawetkan sebagai penyegar. Buahnya yang tua diperas dan minyaknya diekstrak menjadi minyak zaitun yang dapat dipergunakan untuk berbagai macam keperluan.
Adapun minyak zaitun mampu membantu menstabilkan kadar kolesterol dalam gula darah. Minyak ini merupakan salah satu zat yang paling mudah diserap tubuh karea sifatnya yang tak jenuh.
Bila Anda membuat salad, jangan lupa tuangkan minyak ini di atasnya. Minyak ini juga bisa gunakan untuk menggoreng atau menumis dan ditambahkan ke hidangan pedas dan makanan asam. Gunakan pula minyak ini untuk mengolah daging supaya rasanya lebih maksimal.

Minyak zaitun juga merupakan pengganti mentega atau margarin yang baik. Cara terbaik menggunakan minyak zaitun adalah dengan mencelup bumbu-bumbu kesukaan Anda di dalamnya selama beberapa hari. Selanjutnya Anda tinggal menggunakan minyak tersebut untuk bumbu salad atau sebagai saus.

Namun, ingat simpan minyak zaitun di tempat yang kering dan jauh dari cahaya dalam kemasan yang tertutup rapat.



sumber dari: mediaindonesia.com