khazanah alam

dianugerahkan untuk kita menikmatinya....perlu dipelajari, diperbaiki dan dipelihara untuk diturunkan buat generasi seterusnya......tentunya kita tidak mahu dipersalahkan oleh generasi akan datang sebagaimana kita cuba menunding jari ke generasi sebelum ini......fikirkanlah.....

Monday 6 August 2012

kategori minyak zaitun






Ada yang menanyakan bagaimana cara mengetahui bahwa minyak zaitun itu asli?? Karena dipasaran banyak beredar berbagai merek baik lokal maupun impor.

Ada beberapa jenis minyak zaitun yang bervariasi dalam warna,rasa dan tingkat keasaman.Jenis yang terbaik untuk kosmeetik mungkin bukan yang terbaik untuk memasak.

Untuk mengetahui keaslian minyak zaitun kita bisa memakai indikator warna,rasa dan tingkat keasaman.

1.Extra Virgin Olive Oil: Minyak yang terbaik dan mahal. Tingkat keasaman kurang dari 0,8%.Dan dingin di tekan. Rasa dan aromanya unik. Muncul dengan kehijauan emas untuk warna hijau terang

2.Virgin Olive Oil: Minyak zaitun yang baik,sedikit lebih rendah daripada Extra Virgin Olive oil.Tingkat keasaman kurang dari 2%.Dapat digunakan untuk memasak. Rasa dan aroma yang kuat.

3.Refined Olive Oil:Minyak zaitun yang diperoleh dari hasil pencampuran antara Virgin Olive Oil dan Refined Olive Oil, memiliki lebih dari 1,5 % keasaman, dan aromanya telah berkurang. Di pasaran di beri label”olive oil” saja. Dan kadang diberi juga label “light” dan “extra light’.

Tiga jenis minyak itu yang banyak kita temui di pasaran. Tentu saja untuk mengetahui tingkat derajat keasaman tidak cukup dengan mata telanjang .Kita bisaa menggunakan kertas PH atau alat PH meter. Tapi kalau bingung-bingung pilih saja minyak zaitun yang diproduksi oleh perusahaan yang terpercaya.Mereka tentu punya SOP(Standar Operasional Prosedur) dalam berproduksi serta punya QC (Quality Control).

Semoga bermanfaat.



sumber dari: buzzle.com