khazanah alam

dianugerahkan untuk kita menikmatinya....perlu dipelajari, diperbaiki dan dipelihara untuk diturunkan buat generasi seterusnya......tentunya kita tidak mahu dipersalahkan oleh generasi akan datang sebagaimana kita cuba menunding jari ke generasi sebelum ini......fikirkanlah.....

Friday 7 June 2013

bahan campuran jamu




Khasiat Kunyit


Sejak dahulu memang kunyit sudah sering dijadikan bahan campuran jamu untuk diminum sehari-hari. Namun, semakin berkembangnya pengetahuan, maka pemanfaatan kunyit diluaskan menjadi berbagai pengobatan. Sekarang penggunaan kunyit sebagai obat alami sangat diminati banyak masyarakat.

Apa saja khasiat kunyit bagi kesehatan?

  • Mempertahankan Keseimbangan Tubuh
    Kunyit ternyata mampu menjaga stamina tubuh tetap baik dan berperan sebagai imunostimulan. Jadikanlah kunyit sebagai obat alami dalam memulihkan dan meningkatkan stamina Anda.
  • Mengatasi Keputihan
    Masalah keputihan merupakan masalah yang sangat umum dialami oleh hampir semua wanita. Keputihan tidak boleh dibiarkan begitu saja karena dapat berisiko menimbulkan masalah kesehatan yang lebih serius seperti kanker rahim. Atasi keputihan dengan menyediakan 1 genggam daun beluntas, 1 potong gula aren, 2 ruas kunyit, dan 1 gagang buah asam. Bersihkan semua bahan tersebut kemudian direbus dalam 1 liter air. Biarkan hingga mendidih, kemudian setelah dingin, disaring dan diminum secara rutin sebanyak 1 gelas setiap hari.
  • Sebagai Antibodi
    Manfaat kunyit dalam mencegah kanker saat ini tidak diragukan lagi. Kunyit memiliki sifat sebagai antiseptik, anti-radang, dan bahkan anti-kanker. Ketiga fungsi ini berguna dalam mengatasi gatal-gatal di kulit, mencegah kista dan juga kanker rahim.
  • Sebagai Jamu Kesehatan
    Campuran antara kunyit dan beberapa bahan alami lainnya terbukti dapat dikonsumsi sebagai jamu kesehatan setiap hari tanpa mengakibatkan efek samping. Meminum jamu tradisional dari kunyit bermanfaat mencegah keputihan, mengatasi penyakit maag, menghilangkan nyeri ketika menstruasi, dan mempercepat proses pengeluaran darah saat haid.
Selain khasiat kunyit di atas, tanaman yang mudah didapatkan ini mampu menghentikan pendarahan dan meningkatkan nafsu makan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh farmakologi di China, kunyit berperan dalam menghambat pertumbuhan sel kanker dan merusak riboson pada sel kanker tersebut karena memiliki sifat antineoplastic.

Bahkan pada penelitian yang belum lama ini dilakukan, khasiat kunyit berguna dalam melawan virus flu burung. Bagian dari tanaman kunyit yang dimanfaatkan demi memperoleh khasiat ini adalah daun dan rimpangnya.

Sedangkan pada masalah kesehatan lainnya, kunyit dapat digunakan untuk menyembuhkan gatal-gatal, lebam, dan juga bekas koreng. Cara menerapkannya cukup mudah, yakni haluskan kunyit secukupnya, kemudian campurkan minyak ke dalamnya. Oleskan kunyit tersebut pada bagian tubuh yang diinginkan. Pada wanita menyusui, kunyit dapat pula berperan dalam melancarkan ASI, caranya adalah dengan mengoleskan pupuk kunyit pada daerah sekitar payudara.


sumber dari: blog.pelapak.com