khazanah alam

dianugerahkan untuk kita menikmatinya....perlu dipelajari, diperbaiki dan dipelihara untuk diturunkan buat generasi seterusnya......tentunya kita tidak mahu dipersalahkan oleh generasi akan datang sebagaimana kita cuba menunding jari ke generasi sebelum ini......fikirkanlah.....

Friday 2 March 2012

asam gelugur bumbu wajib





Rasanya yang asam segar jadi bumbu wajib saat memasak gulai ataupun kari. Selain membuat rasanya jadi lebih segar, juga bisa menghilangkan jejak anyir dari ikan loh! Coba saja!

Satu lagi nih rempah dari tanah Sumatera, asam gelugur namanya. Di beberapa negara seperti Malaysia, asam gelugur dikenal dengan nama gelugor sedangkan di Thailand biasa dikenal dengan nama Som Mawon. Buah yang bernama latin Garnicia Atroviridis ini mirip sekali dengan buah jeruk dalam keadaan terlepas dari kulitnya saat dalam keadan fresh.

Berwarna cokelat terang dan akan semakin gelap jika usianya semakin bertambah. Ukurannya mendekati seperti buah apel Malang dengan warna kulit yang sedikit mengkilat dan rasanya sangat asam! Asam gelugur yang sudah di keringkan ini biasanya digunakan sebagai rempah untuk maskan khususnya masakan khas Sumatera Barat dan Sumatera Utara.

Aroma si asam gelugur yang sudah dikeringkan sangat segar dan khas, dan apabila di campur ke dalam masakan berkuah tidak akan membuatynya keruh. Untuk menjaga kesegaran aroma dan juga kualitasnya, sebaiknya simpan asam gelugur dalam sebuah wadah kering dan tertutup rapat agar tidak menimbulkan jamur dan kesegaran aromanya tetap terjag adengan baik.

Jika Anda senang dengan gulai kepala ikan atau kari, asam gelugur merupakan salah satu rempah wajib yang menjadi salah satu bumbu penyedapnya. Rasa asamnya membuat netral kuah santan kental yang terkadang bikin eneg, selain itu aromanya yang segar bisa menghilangkan jejak anyir dari ikan tersebut.



sumber dari: detikfood.com