khazanah alam

dianugerahkan untuk kita menikmatinya....perlu dipelajari, diperbaiki dan dipelihara untuk diturunkan buat generasi seterusnya......tentunya kita tidak mahu dipersalahkan oleh generasi akan datang sebagaimana kita cuba menunding jari ke generasi sebelum ini......fikirkanlah.....

Thursday 20 September 2012

usah risau potong bawang merah






1. Gunakan pisau tajam
Yang membuat menangis saat memotong bawang merah adalah molekul yang dikeluarkan bawang merah saat terpotong dan mengiritasi mata. Untuk itu, gunakan pisau yang tajam. Bawang merah yang terpotong rapi dan bersih akan mengurangi pengeluaran molekul yang mengiritasi mata.

2. Potong dalam air
Cara ini mungkin akan membuat bawang merah sedikit penuh air, tapi cara ini ampuh untuk menangkal air mata saat memotong bawang merah. Ini juga akan menghalangi molekul penyebab iritasi untuk mengenai mata.

3. Gunakan alat
Menggunakan alat memang curang, tetapi aman. Gunakan alat pemotong bawang merah seperti food processor. Pisau yang tajam dan tempat tertutup akan membuat mata aman.

4. Dinginkan bawang merah
Letakkan bawang merah dalam freezer beberapa menit sebelum memotongnya. Ini akan membuat molekul pengiritasi, yaitu amino acid sulfoxide, yang dikeluarkan oleh bawang merah berkurang.

5. Lindungi mata
Jika metode di atas masih juga tak berhasil, maka gunakan pelindung mata. Anda bisa menggunakan goggle seperti yang digunakan saat berenang. Ini akan melindungi mata Anda secara keseluruhan.

6. Sudah terlanjur menangis?
Bagaimana jika sudah terlanjur menangis? Ada beberapa cara yang bisa membantu Anda mengurangi air mata agar tak terus keluar. Coba celupkan tangan Anda di air dingin, letakkan kepala Anda di depan freezer selama beberapa waktu, atau makan sepotong roti. Apapun yang terjadi, jangan pernah menyentuh mata dengan tangan.



sumber dari: merdeka.com