khazanah alam

dianugerahkan untuk kita menikmatinya....perlu dipelajari, diperbaiki dan dipelihara untuk diturunkan buat generasi seterusnya......tentunya kita tidak mahu dipersalahkan oleh generasi akan datang sebagaimana kita cuba menunding jari ke generasi sebelum ini......fikirkanlah.....

Thursday 20 September 2012

menangis saat mengupas bawang






Hampir semua orang "menangis" saat mengupas bawang merah.

Mengapa bisa begitu? Menurut ahli, bawang merah mengandung senyawa pertahanan kimia untuk melindungi dari serangan mikroba dan insektisida saat bawang merah ditanam di tanah.
Senyawa kimia tersebut mengandung sulfur yang berfungsi mengusir serangga, insektisida, dan mikroba saat bawang merah dipanen.
Kandungan kimia tersebut juga membuat bawang merah berbau tajam dan kuat.

Saat seseorang memotong bawang merah, enzim alliinase yang berada di dalam bawang merah berubah membentuk gas amino acid sulfoxides.
Gas sulfur itu kemudian terbawa ke udara dan bereaksi dengan mata manusia sehingga menyebabkan iritasi dan panas di mata.
Akibat reflek mata terhadap serangan asam tersebut, keluar air mata agar tidak terjadi untuk mencegah iritasi dan alergi pada mata.

Salah satu cara populer agar tidak menangis saat mengiris bawang merah adalah mendinginkan bawang terlebih dulu di dalam kulkas.
Jumlah enzim alliinase dalam bawang merah dingin berkurang sehingga tidak akan menyebabkan seseorang menangis.

Cara lainnya adalah dengan merendam bawang merah ke dalam air selama beberapa saat sebelum diiris.
Air bereaksi dengan sulfur dan mencegah pembentukan gas yang bisa menyebabkan seseorang menangis.



sumber dari: fimelle.com