khazanah alam

dianugerahkan untuk kita menikmatinya....perlu dipelajari, diperbaiki dan dipelihara untuk diturunkan buat generasi seterusnya......tentunya kita tidak mahu dipersalahkan oleh generasi akan datang sebagaimana kita cuba menunding jari ke generasi sebelum ini......fikirkanlah.....

Sunday 30 March 2014

Lada Putih Babel Diberi Label Hak Paten






Produk lada putih dari Bangka Belitung yang dikenal sebagai Muntok White Pepper akan dilengkapi dengan label hak paten dari Kementerian Hukum dan HAM yang disebut Sertifikat Indikasi Geografis (SIG) Muntok White Pepper.

Muntok adalah nama pelabuhan di Bangka yang sejak lama menjadi pusat perdagangan lada putih dari Bangka Belitung ke seluruh dunia. Itu sebabnya nama Muntok terkenal sebagai merek lada putih berkualitas tinggi.

Ketua Asosiasi Eksportir Lada Indonesia Zainal Arifin, Kamis (24/6/2010), mengutarakan, dengan adanya label tersebut, lada putih Bangka Belitung sudah diakui dunia dan memiliki hak paten. Label SIG tersebut baru diperkenalkan satu bulan yang lalu.

"Mulai bulan depan, seluruh ekspor lada putih dari Bangka Belitung sudah dilengkapi label SIG," kata Zainal.

Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas II Pangkal Pinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Azmal AZ, mengatakan, selama ini ekspor lada putih Bangka Belitung yang diawasi oleh karantina belum mencantumkan label SIG.


sumber dari: http://www.yiela.com/