khazanah alam

dianugerahkan untuk kita menikmatinya....perlu dipelajari, diperbaiki dan dipelihara untuk diturunkan buat generasi seterusnya......tentunya kita tidak mahu dipersalahkan oleh generasi akan datang sebagaimana kita cuba menunding jari ke generasi sebelum ini......fikirkanlah.....

Tuesday 10 April 2012

madu sumber energi



MADUadalah jenis makanan tunggal yang praktis dan paling efektif untuk menghasilkan panas, membuat dan menggantikan energi, dan selanjutnya, untuk membentuk jaringan tertentu.
Madu telah digunakan oleh manusia sejak 2.500 tahun terakhir, di seluruh dunia. Sementara banyak manfaat kesehatan dari madu telah membuatnya menjadi salah satu aspek penting dari obat tradisional seperti Ayurveda, ilmuwan juga meneliti manfaat madu dalam kedokteran modern, terutama dalam penyembuhan luka.

Dikenal sebagai Honig dalam bahasa Jerman, Miele dalam bahasa Italia, Shahad dalam bahasa Hindi, MIEL dalam bahasa Prancis, Mel dalam bahasa Portugis, мед dalam bahasa Rusia,dan μελι dalam bahasa Yunani. Hampir tidak ada wilayah di dunia dimana madu tidak dihargai.
Manfaat kesehatan dari madu antara lain sebagai berikut:

Pemanis:
Sebagai pengganti gula untuk makanan dan minuman . Madu mengandung sekitar 69% glukosa dan fruktosa yang memungkinkan untuk digunakan sebagai pemanis.

Sumber Energi:
Menurut USDA , madu mengandung sekitar 64 kalori per sendok makan. Oleh karena itu madu juga digunakan oleh banyak orang sebagai sumber energi. Di sisi lain, satu sendok makan gula akan memberikan sekitar 15 kalori. Lebih lanjut karbohidrat dalam madu dapat dengan mudah dikonversi menjadi glukosa bahkan oleh perut yang paling sensitif. Oleh karena itu madu sangat mudah dicerna .

Berat Badan:
Walaupun madu memiliki kalori lebih dari gula, madu bila dikonsumsi dengan air hangat membantu dalam mencerna lemak disimpan dalam tubuh Anda. Demikian pula madu dan jus lemon dan madu dan kayu manis membantu dalam mengurangi berat badan.

Meningkatkan Kinerja Athletic:
Penelitian terbaru menunjukkan bahwa madu pemicu ergogenic yang sangat baik dan membantu dalam meningkatkan kinerja atlet. Madu memfasilitasi dalam menjaga kadar gula darah, penyembuhan dan pemulihan glikogen otot setelah latihan.

Sumber Vitamin dan Mineral:
Madu mengandung berbagai vitamin dan mineral. Jenis vitamin dan mineral dan kuantitas mereka tergantung pada jenis bunga yang digunakan untuk pemeliharaan lebah. Umumnya, madu mengandung vitamin C , Kalsium dan Besi .

Antibakteri dan anti jamur Properties:
Madu memiliki sifat anti bakteri dan jamur dan karena itu dapat digunakan sebagai antiseptik alami.

Antioksidan:
Madu mengandung Nutraceuticals, yang efektif dalam menghilangkan radikal bebas dari tubuh kita. Akibatnya, kekebalan tubuh kita ditingkatkan.

Perawatan Kulit dengan Susu dan Madu:
Susu dan madu sering disajikan bersama-sama sebagai bahan kedua yang dapat membantu menjaga kehalusan kulit. Oleh karena mengkonsumsi susu dan madu di pagi hari adalah praktek umum di banyak negara.

Madu dalam Manajemen Luka
Penelitian secara signifikan sedang dilakukan untuk mempelajari manfaat madu dalam mengobati luka-luka. Manfaat madu dalam manajemen luka antara lain diberikan di bawah ini:
  • Madu memiliki sifat antimikroba.
  • Deodorizes luka berbau busuk.
  • Mempercepat proses penyembuhan luka dengan jalan merangsang jaringan.
  • Membantu dalam memulai proses penyembuhan dalam luka aktif.


sumber dari: sarirasamadu.wordpress.com