khazanah alam

dianugerahkan untuk kita menikmatinya....perlu dipelajari, diperbaiki dan dipelihara untuk diturunkan buat generasi seterusnya......tentunya kita tidak mahu dipersalahkan oleh generasi akan datang sebagaimana kita cuba menunding jari ke generasi sebelum ini......fikirkanlah.....

Wednesday 21 August 2013

bawang putih yang hitam






Rempah antivampir ini sangat lekat hubungannya dengan dapur. Aromanya wangi, cita rasa yang khas membuat masakan menjadi lebih nikmat. Di samping itu, bawang putih juga memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. 

Selain bawang putih biasa yang daging bonggolnya berwarna putih, ternyata ditemukan juga bawang putih yang hitam. Memang sedikit meninggalkan tanda tanya, bawang putih, kok, hitam? Tapi, bawang putih hitam ini juga berasal dari bawang putih. Hanya saja bawang putih ini telah mengalami fermentasi sehingga bagian dalamnya berwarna hitam pekat dengan kulit luar berwarna putih kecokelatan.

Dibutuhkan waktu sebulan untuk membuatnya menjadi hitam. Saat dicicipi mentah terdeteksi cita rasa yang lebih manis dan tidak meninggalkan rasa pedas di mulut. Karena itu, bawang putih hitam ini pun lebih fleksibel dan cocok dikombinasikan dengan makanan apapun, termasuk salad. Meski tampilannya tidak menarik, bawang ini memiliki kandungan khasiat yang tak kalah dengan bawang putih reguler. Mengandung antioksidan dua kali lebih banyak dari bawang putih mentah, dan memiliki S-Allycyteine, senyawa alami yang terbukti untuk dapat mencegah kanser.


sumber dari: sif7680.blogspot.com